Jasa Fogging dan Tips Efektif Melakukan Fogging

Jasa fogging atau pengkabutan biasanya sering dipakai untuk memberantas nyamuk demam berdarah (DBD). Nyamuk yang bernama aedes aegypti tersebut mempunyai siklus yang cukup unik, sebab ia akan aktif menghisap darah manusia di pagi (pukul 08.00-10.00) dan sore hari (15.00-17.00). Ketika fogging dilakukan pada siklus aktif nyamuk, ia bisa bergerak menghindar bahkan hingga 140 meter dari tempatnya menyerang korban. Oleh sebab itu, siang adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan fogging.

jasa fogging

Tips Efektif Melakukan Fogging

Fogging merupakan metode pemberantasan nyamuk penyebab DBD dengan insektisida yang disemprot menggunakan suatu mesin. Fogging dalam dosis tertentu bertujuan untuk membasmi nyamuk dewasa atau yang telah dapat terbang berpindah. Akan tetapi, metode ini dipertanyakan efektifitasnya karena kasus demam berdarah cenderung meningkat. Supaya upaya fogging menjadi lebih efektif dan maksimal, beberapa hal di bawah ini harus diperhatikan:

  1. Minimal beradius seratus meter. Fogging sebaiknya dilakukan dalam jarak seratus meter di sekitar rumah penderita DBD. Sebab, jarak tersebut sangat optimal bagi nyamuk aedes aegypti untuk berpindah tempat. Peluang rumah dalam radius setaus meter sangat besar untuk terkena virus DBD. Tapi, itu hanya berlaku jika dalam satu rumah hanya terdapat satu korban. Bila lebih dari tiga, maka radiusnya lebih dari seratus meter.
  2. Perhatikan dosis. Memperhatikan dosis fogging sangat penting, sebab seringkali antara insektisida dan solarnya tidak berimbang. Apabila insektisida yang digunakan terlalu sedikit, penyemprotan tidak akan efektif dan hanya menghasilkan bau minyak tanah yang menyengat.
  3. Awasi arah angin. Ketika disemprotkan, kabut insektisida akan menyebar sesuai arah angin. Oleh karenanya, lebih baik penyemprotan dilakukan sesuai arah angin agar efektif untuk mematikan nyamuk dewasa. Hal ini sering luput dari perhatian, padahal penyemprotan yang melawan arah angin bisa mengenai tubuh penyemprot dan menjadi toksik baginya.

Walaupun memberikan banyak manfaat, tapi fogging tidak boleh dilakukan secara rutin karena bisa menimbulkan pencemaran lingkungan dan resistensi. Setelah menggunakan jasa fogging, jangan lupa menguras, mengubur dan menutup tempat air yang bisa menjadi perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti.

Tinggalkan Komentar